Senin, 02 Mei 2016

Penyanyi Masa Lalu (6) : Conway Twitty

Conway Twitty (discogs.com)





Hello darling, nice to see you
It's been a long time
You're just as lovely as you used to be

How's your new love? Are you happy?
Hope you're doin' fine
Just to know it means so much to me
……………………..






Conway Twitty? Siapa dia?. Jangan bayangkan Twitty, bebek lucu di Looney Tunes lho! Ini nama penyanyi Amerika zaman dulu.
Di Indonesia, apalagi zaman sekarang, tidak banyak orang yang tahu nama itu. Yeah, nama Conway Twitty memang tidak sengetop Elvis Presley atau Jim Reeves. Biarpun begitu, ia hidup sezaman dengan penyanyi-penyanyi tersebut. Dan pada masanya, ia cukup dikenal di Amerika.
Conway Twitty adalah nama panggung dari Harold Llyod Jenkins. Ia lahir di Mississippi, Amerika Serikat pada 1 September 1933. Bakatnya sudah nampak sejak dia kecil. Pada usia 10 tahun Harold sudah membentuk grup Philipps County Ramblers yang sering tampil di radio-radio lokal. Di samping menyanyi, ia juga hobi bermain baseball. Sayangnya, cita-citanya menjadi atlet terpaksa dipendam karena ia direkrut oleh Angkatan Darat AS menjadi tentara dalam Perang Korea.
Sepulangnya ke Amerika pada tahun 1956, Harold terinspirasi oleh kesuksesan Elvis Presley. Ia pun kembali menekuni dunia musik. Ia rekaman di Sun Studios, Memphis. Karena kurang berhasil, Harold memutuskan pindah ke Mercury Records. Ini pun hanya jalan di tempat. Akhirnya, lewat MGM Records, ia akhirnya mulai menuai kesuksesan. Hits “It’s Only Make Believe” pun meledak.  Agar mudah dikenal, Harold menggunakan nama panggung Conway Twitty. Conway adalah sebuah kota di Arkansas, sedangkan Twitty adalah kota di Texas.
Twitty memilih menekuni musik country. Selama tiga dekade,  lagu-lagunya menjadi hits, seperti “Linda On My Mind”, “I Love You More Today”, “To See My Angel Cry”, “You've Never Been  This Far Before”, “The Image Of Me”,  “Happy Birthday Darling” dan “Hello Darling”. Pada tahun 1970-an, ia juga berduet dengan Loretta Lynn membawakan “Lead Me On”, “After The Fire Is Gone”  hingga “Louisiana Woman, Mississippi Man”. Tak terhitung penghargaan yang sudah diperolehnya.

Conway Twiitty dan Loretta Lynn (youtube.com)
Ada cerita unik terkait lagu “Hello Darling”. Ketika Twitty menggelar konser di California, tiba-tiba seorang penonton wanita mengalami serangan jantung. Orang-orang yang menolongnya akan membawanya ke rumah sakit. Tapi wanita itu menolak. Ia tidak mau meninggalkan konser sebelum mendengarkan “Hello Darling”. Maka, sebuah catatan diserahkan ke Twitty. Twitty pun segera membawakan “Hello Darling”. Biarlah melenceng dari urutan acara, yang penting wanita itu bisa segera dirawat, begitu pikirnya.
Setiap kali konser, Twitty jarang berbicara. Namun anggapan sombong segera sirna karena ia sangat menghargai fansnya. Ia dengan sabar melayani permintaan tanda tangan. Di lingkungan tempat tinggalnya pun ia tetap bersikap layaknya orang biasa.
Hingga tahun 1990-an,  nama Conway Twitty tetap dikenal. Ia mengeluarkan hits “Crazy In Love” dan “Final Touches”, sehingga total ia sudah menghasilkan 55 single dan 110 album!
Pada tanggal 5 Juni 1993, Twitty menggelar tur di Missouri. Setelah konser, ia pingsan. Sempat dilarikan ke rumah sakit, namun akhirnya tak tertolong.  Conway Twitty meninggal dalam usia 59 tahun. Diagnosis dokter mengatakan, ia menderita aneurisma aorta, atau atau pembesaran pembuluh darah pada perut.
Nama Conway Twitty diabadikan lewat penghargaan Music Hall Country of Fame dan Hall of Fame Rockabilly. Kini, warisan musiknya dikelola oleh putra putrinya.

Link video:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar