Jumat, 30 September 2016

Berbagi Tips Ikut Audisi Pencarian Bakat

“Mari ikut saya ke ruangan sebelah sana”, seorang panitia audisi Rising Star Indonesia membawa aku dan 9 orang lainnya ke sebuah tempat.
Hal seperti ini tidak asing lagi buatku. Sudah ketiga kalinya, aku mengalami ini. Result room, penentuan lolos atau tidak dari tahap awal audisi pencarian bakat nyanyi di TV. Asal tahu aja, persaingan di audisi ini ketat banget. Kita bersaing dengan ribuan orang, jadi lolos dari tahap awal aja udah membanggakan banget.

Di hadapan kami, panitia itu membuka sebuah amplop. 

“Yang saya sebut namanya, silahkan maju ke depan”.  

Seketika rasa deg-degan menghinggapi kami. Ibarat penentuan hidup mati.

“ROBERT”

HAH? Aku kaget luar biasa. Rasanya nggak percaya, namaku disebut. Loloskah? Hm… nanti dulu.

“Yang kedua, IMAS”

Seorang cewek berjilbab pun maju dan berdiri di sampingku.

“Untuk yang lainnya, mohon maaf, kalian belum bisa lanjut, mungkin kalian bisa coba lagi di waktu lain”

DHUARRRR! Perasaanku campur aduk. Tapi berbalik 360 derajat dengan audisi yang sudah-sudah. Aku kini mendapat hadiah manis bahwa aku…. LOLOS! YESSSSS!. 
Seketika kedelapan peserta lainnya kasih ucapan selamat ke aku dan Imas. Tapi perjuanganku belum selesai. Masih ada serangkaian tahap sebelum aku tampil di TV nanti. Apa itu? Maaf, aku nggak bisa tulis di sini. Bukannya sombong, tapi rahasia perusahaan.


Setelah perjuangan berkali-kali, akhirnya.....

Nah, biar nggak kecewa, aku mau kasih beberapa tips buat kalian yang pengin atau suka ikut audisi seperti ini

1. Latihan
Ini hal yang paling penting dilakukan. Seorang penyanyi harus mempersiapkan diri agar penampilannya maksimal. Materi lagu (lirik, nada, penghayatan) harus dikuasai dan tampil nggak boleh malu-malu. 
Latihan bisa dilakukan di mana aja, di tempat karaoke, di kamar tidur, di kamar mandi, atau di mana aja kamu merasa nyaman. Akan lebih baik kalau kamu latihan tampil di depan orang lain. Undanglah teman-teman yang paham musik dan mintalah mereka kasih masukan untuk penampilan kamu.

2. Jaga suara
Sebagai penyanyi, suara adalah modal utama. Maka, suara harus dijaga. Istirahat yang cukup dan batasi makanan seperti gorengan, susu dan es agar tidak mengganggu pita suara. Hindari berteriak terlalu kencang kecuali kamu lagi dalam bahaya. 
Satu ramuan yang biasa aku minum, air jeruk nipis ditambah sedikit kapur sirih dan madu. Minumnya cukup seminggu sekali aja. Kabarnya ramuan ini bisa menguatkan pita suara sehingga suara yang dikeluarkan lebih merdu.

3. Pilih lagu yang tepat
Lagu yang mau kamu bawain harus benar-benar pas dengan karakter kamu. Kalau suara kamu bass jangan coba-coba deh bawain “I Want To Break Free” nya Queen.
Hindari lagu-lagu yang asing atau terlalu jadul, karena selera juri biasanya kekinian. Untuk lirik lagu pun, kamu harus benar-benar hafal. Nggak perlu malu bawain lagu Indonesia kalau bahasa Inggris kamu kurang. Karena yang paling penting di sini adalah penampilan kamu bisa menghibur. Ingat, Justin Bieber atau Britney Spears bisa aja kalah sama Rayi RAN!

4. Hindari nervous
Beberapa peserta awalnya pede banget, tapi begitu ketemu juri langsung buyar semua.. Lupa lirik, fals, ekspresi kaku, itu yang bisa terjadi kalau kamu gugup.
Jalan keluarnya, jangan kamu anggap juri sebagai sosok yang “siap menerkam”. Bayangkan seakan-akan kamu tampil di depan panggung. Dengan begitu, ekspresi kamu lebih “lepas”. Pandangan lurus ke depan dan jangan menunduk.

5. Tidak sekedar menyanyi
Salah besar kalau kamu beranggapan suara bagus pasti lolos. Selain suara, gaya dan penampilan kamu juga masuk penilaian. Jadi, persiapkan performa terbaikmu. Jangan takut untuk berekspresi, gokil dikit nggak masalah asal jangan over acting. Untuk pakaian, pilih aja yang rapi, sopan dan nyaman dipakai.

6. Ramah
Juri nggak bakal tertarik kalau kamu pasang muka masam kayak pepaya. Saat masuk ke bilik audisi, perkenalkan dirimu dengan sopan dan tersenyum, sampai juri mempersilahkan kamu bernyanyi. Sesudah selesai, ucapkanlah terima kasih. Pokoknya buatlah juri merasa dihargai.

7. Jadi diri sendiri
Kamu lihat orang lain suaranya keren, lalu nyalimu ciut? Don’t worry! Ini adalah sebuah kompetisi. Setiap orang berhak mengeksplor kelebihan masing-masing tapi keputusan di tangan juri. So, tetaplah pada pendirian dan karakter kamu. Kamu pasti punya kelebihan yang belum tentu dimiliki orang lain.
Dalam membawakan lagu, kamu bisa keluar dari karakter penyanyi aslinya. Contohnya, untuk lagu berirama slow rock bisa dibikin lebih semangat. Tapi sesuaikan juga dengan not dan tema lagunya.

8. Enjoy
Nikmati aja setiap proses yang ada, nggak perlu terlalu berambisi. Kalau pikiranmu cuma fokus pada lolos dan tidak lolos, kamu bakal merasa terbebani dan ujung-ujungnya mengacaukan penampilanmu. Ubahlah stigma "aku pasti lolos" menjadi "aku mungkin lolos", karena seperti aku bilang di awal, persaingan di sini ketat banget, suara bagus pun nggak menjamin kamu lolos.

9. Akrab dengan peserta lain
Di sekitarmu banyak orang kan? Nah, cobalah berkenalan dan mengobrol dengan mereka. Kalian bisa saling sharing pengalaman sampai vokal. Apalagi kalau orang yang kamu temui sudah sering ikut audisi seperti ini, kamu kan bisa tanya banyak hal. Tapi hat-hati juga, jangan langsung percaya dengan info yang belum tentu benar.
Terlepas kamu lolos audisi atau nggak, kamu bisa dapat teman baru di sini. Siapa sangka, salah satu dari kalian akhirnya jadi juara di ajang ini. Bangga kan, punya kenalan artis? Atau syukur-syukur malah ketemu jodoh di sini? Hehehe... ya itulah, persahabatan adalah hadiah terindah dari ajang ini!

10. Berdoa
Yang nggak kalah penting, berdoalah sebelum berjuang. Manusia berencana, Tuhan yang menentukan.


Itulah beberapa tips yang aku dapat dari serangkaian pengalamanku. Bukan bermaksud menggurui, tapi mau berbagi.
Nah, sekarang, aku lagi nunggu pengumuman buat ke tahap selanjutnya. Lolos atau nggak, aku pasrah aja, yang penting pengalaman ini begitu berharga. TETAP SEMANGAT! YESSSSS! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar