Selasa, 26 Desember 2017

Lagu Masa Lalu (20) : First Of May




When I was small, and christmas trees were tall
We used to love while others used to play.
Don't ask me why, but time has passed us by,
Some one else moved in from far away.

Now we are tall, and christmas trees are small,
And you don't ask the time of day.
But you and I, our love will never die,
But guess well cry come first of may.

The apple tree that grew for you and me,
I watched the apples falling one by one.
And I recall the moment of them all,
The day I kissed your cheek and you were mine.

When I was small, and christmas trees were tall,
Do do do do do do do do do...
Don't ask me why, but time has passed us by,
Some one else moved in from far away.


Lagu di atas adalah milik The Bee Gees yang populer sekitar tahun 1969. Lembut dan syahdu dengan iringan piano.  Ketika lagu ini tercipta, personel The Bee Gees masih berjumlah 4 orang, yakni Barry Gibb, Robin Gibb, Maurice Gibb, dan Colin Petersen. 




Secara jujur, Barry Gibb, penciptanya, mengisahkan tentang cinta yang berlangsung sejak kecil hingga dewasa, tetap setia walau terpisah jarak dan waktu. Meski menggunakan kata “Christmas tree”, lagu ini tidak ada kaitan dengan hari Natal.  Pohon Natal di sini hanya sebagai pembanding ukuran tubuh, dimana saat tokohnya masih kecil pohon itu terlihat tinggi.
Tapi tahukah kalian, bahwa sebenarnya lagu ini terinspirasi dari seekor anjing?
Ketika itu, Barry Gibb beserta istrinya, Linda, pindah ke apartemen baru mereka. Di sana mereka memelihara anjing bernama Barnaby, yang berulang tahun pada tanggal 1 Mei. Namun, Barnaby mati karena suatu hal. Sedih karena kehilangan anjing kesayangannya, Barry mencurahkannya dalam lirik lagu.
Namun, Barry tak mau terang-terangan menceritakan tentang anjingnya. Ia mengolah lirik lagu menjadi seakan-akan bercerita tentang kenangan cinta di masa kecil.  Bagaimana saat sang kekasih tiba, menjalin kasih hingga merayakan Natal bersama. Termasuk pohon apel yang menjadi kesukaan mereka. Waktu terus berlalu, hingga suatu hari mereka harus berpisah. Namun, cinta mereka takkan pernah mati. Tanggal 1 Mei atau First of May, adalah tanggal istimewa mereka (mungkin tanggal jadian), yang meninggalkan duka bila dikenang. 
Ketika seorang musisi menggunakan insting seni yang dimilikinya, cerita sedih pun dapat diubah menjadi simfoni yang indah. 


Link video:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar