Senin, 04 Januari 2016

Penyanyi Masa Lalu (2) : Skeeter Davis



Why does the sun go on shinning
Why does the sea rush to shore
Don’t they know, it’s the end of the world
Cause you don’t love me anymore.
………………..

Sewaktu kecil, aku menemukan sebuah kaset lagu barat milik papaku. Melihat foto penyanyinya di cover, terkesan “seram” buatku waktu itu. Seseorang berambut panjang pirang dengan pakaian model tertutup. Nama penyanyi itu Skeeter Davis. Aku heran, dia cowok atau cewek ya?
Lewat sebuah majalah, tahulah aku, Skeeter Davis adalah penyanyi wanita asal Amerika yang ngetop di tahun 1960-an. Ia adalah penyanyi bergenre country. Aku pun coba menyetel kaset tadi, dan ternyata suaranya unik dan merdu. Dan inilah riwayat Skeeter Davis yang kurangkum dari berbagai sumber:
Skeeter Davis lahir di Kentucky,  Amerika Serikat pada 30 Desember 1931. Nama sebenarnya adalah Mary Frances Pennick.  Ia dipanggil “Skeeter” (yang adalah bahasa gaul Amerika untuk “nyamuk”) karena ia adalah anak yang aktif sewaktu kecil. Pada tahun 1949, dia membentuk duet Davis Sisters bersama temannya, Betty Jack Davis, sehingga dia lebih dikenal dengan nama panggung “Skeeter Davis”. Sayang, sebuah kecelakaan menewaskan Betty dan membuat Skeeter terluka parah. Setelah sembuh, Skeeter menggandeng adik Betty, Georgia Davis, untuk menggantikan sang kakak.  Namun duet baru ini tidak bertahan lama karena Skeeter keburu menikah.
Sejak itu, Skeeter memilih bersolo karir sebagai penyanyi country. Namun, hal ini justru membuat karirnya melambung. Lagu-lagu yang dibawakannya menjadi hits pada masa itu. Ia meraih Golden Disc lewat lagu “The End Of The World” pada 1963 dan beberapa kali masuk nomine Grammy Awards lewat lagu-lagu lainnya.  Ia pun sempat membuat album duet dengan Bobby Bare, pernah pula berkolaborasi dengan Elvis Presley dan The Rolling Stones. 
Dari segi penampilan, Skeeter adalah wanita sederhana. Berbeda dengan penyanyi wanita pada umumnya, ia jarang berpenampilan seksi dan tidak banyak gaya.  Begitu juga dengan lagu-lagu yang dibawakannya, biasanya tidak terlalu panjang. Lagu-lagunya, antara lain “The End Of The World”, “My Last Date”, “Set Him Free”, “Someday Soon”,  “Homebreaker” dan “A Dear John Letter”. Di samping itu, ia juga mengcover lagu dari beberapa penyanyi lain seperti “I Will Follow Him” (Little Peggy March) dan “Let It Be Me” (Everly Brothers). Ada juga lagu milik penyanyi lain yang diubah sesuai karakternya seperti “He’ll Have To Stay” yang disadur dari “He’ll Have To Go” (Jim Reeves). Di samping menyanyi, Skeeter juga pandai berpuisi, terbukti dalam beberapa lagunya ia membacakan narasi.
Seiring bertambahnya usia, karirnya meredup pada akhir 1970-an. Meski begitu,  ia masih rekaman untuk album kompilasi dan melakukan tur internasional ke berbagai negara, termasuk Indonesia pada tahun 1986.
Skeeter Davis meninggal karena kanker payudara pada tanggal 19 September 2004 dalam usia 72 tahun.

Berikut ini link video Skeeter Davis dengan "The End of The World" nya
https://www.youtube.com/watch?v=Qgcy-V6YIuI

5 komentar:

  1. saya mengenal Skeeter Davis dari mama. Hampir setiap hari mama pasti memutarkan lagu-lagunya. Dan tanpa disadari saya mengenal lagu-lagunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suaranya yang merdu membuat lagu-lagunya terasa nikmat didengarkan

      Hapus
    2. Saya tahu lagu ini dari seorang pekerja kapal,sewaktu kapal berlayar dia memutarkan lagu
      "The End Of The World"dan saya tertarik dengan lagu tersebut .setelah itu saya meminta lagu tersebut dan akhirnya di kasih , Dan saya terkejut judul dan penciptanya enggak ada di file . Yg ada cuman tulisan TRACK-12 . Sekian lama saya cari judul lagu tersebut dengan goggling , kebetulan saya tidak paham dengan berbahasa inggris . Jadi saya search di goggle debgan lirik *why does my heart go on beating tiba2 saya melihat wanita yg sangat cantik dan anggun . Saya mulai mencari info2nya dan memutarkan semua lagunya, begitulah ceritanya saya mencari pencipta dan nama penyanyi terserbut .
      Umur saya 19thn,sungguh langkah di umur masih muda tahu penyanyi legend ini .

      Hapus
  2. saya mengenal lagu2 nya dari kaset yg ter sembunyi milik kakek saya

    BalasHapus
  3. saya mengenal lagu2 nya dari kaset yg ter sembunyi milik kakek saya

    BalasHapus